Langsung ke konten utama

#worldiknow Search Engine Optimization Sudah Gak Penting!

"SEO jaman now sudah gak penting!"

Judul atas klik bait banget gak? This is what happen to us now. Maaf ya, mau nyoba doang.

Kalian sering kan di youtube "Penjaga toko ini cantik, ternyata ini rahasianya...", kalian bakal klik atau gak? Entah kalian mau respon apa tapi mau-gak-mau itulah yang terjadi dan kalo kalian liat daftar terpopuler video youtube yang diliat paling banyak ya kayak gitu-gitu isinya. Suka?

Kesimpulan yg kalian bayangin mungkin gini: "Yg bikin video populer tetep manusia yg ngeklik sh"
Tapi... kalo aku sh baited paling menit-menit awal habis itu tutup atau malah report. Kalo aku sh... 

Apa hubungannya dengan SEO? Muter-muter lu! 

Gak tau ya, tapi pengen aja buat intro kayak gitu biar kita agak sama imajinasinya. Astaga...

Apa itu SEO?

Lebih gampang mungkin lewat cerita :
"All major search engines such as Google, Bing and Yahoo have primary search results, where web pages and other content such as videos or local listings are shown and ranked based on what the search engine considers most relevant to users. Payment isn’t involved, as it is with paid search ads."
Sumber : https://searchengineland.com/guide/what-is-seo (harus pake sumber bro biar gak hoax)

Berdasarkan cerita di atas, SEO pengaturan-pengaturan yang berguna untuk mengoptimalkan posisi website tertentu dalam daftar Search engine misal Google. Dulu pernah cari tau tentang SEO, tapi informasi yang semerawut jadi gak termotifasi lanjutin. Intinya sih kita tuh mau tau cara kerja mesin cari (hampir nulis mensin cari astaga) supaya hasilnya maksimal pada website tertentu, blog lu misalnya. Kalian tau gak sh skrg ada perubahan SEO Goolge, "Mobile first", artinya kalo web kalian gk mobile friendly alias semerawut kalo dibuka di HP, Google akan acuhkan kalian. Gitu sih kayaknya aku baca doang shut up hehe.

Menurutku SEO itu gak penting!

Widih kasar kata-katanya. Secara logika, Si pengembang atau developer Search engine pengen informasi yang kalian dapat adalah benar-benar sesuai dengan apa yang kalian kehendaki/inginkan. Ingat ya, "KALIAN", jadi sifatnya personal. Jadi pencarian antara kamu sama aku beda (cie beda tapi gak galau), Google personalisasikan hasilnya sesuai dengan riwayat kita. Tapi itu gak berlaku semua kali ya, misal aku dan kamu nyari sesuatu hal yang baru (blm pernah/blm ada di riwayat) mungkin hasilnya akan sama, nah mungkin disitu guna SEO. Tapi itu gak penting gak sih! Maafkan jangan marah cuman buat klik bait sama nada-nada tsundere gitu biar nyaman bacanya. Iya gak? Gak ya, yaudah haha.

Apa sih yang kita cari sehingga SEO itu penting? Berdasarkan teori yang aku baca (ini teori namanya information architecture (IA) keren kan), orang menemukan informasi yang dicari dengan 3 cara:

1. Mencari susuatu tertentu yang sudah direncanakan; misal lu lagi nyari HP Xiaomi mi a1, terus lu search di tokopedia.com.
2. Mencari sesuatu yang pernah dicari sebelumnya; misal kalian pengen nyari produk yang kemarin kalian cari (history). Atau kalian pengen cari akun ig yang kalian sering kunjungi tapi gak kalian follow. haha.
3. Mencari sesuatu yg benar-benar baru; misal kalian scrolling tokopedia.com di kategori baju wanita pengen liat-liat yang baru atau diskon. Atau kalian (kaum hawa) biasa sebut "cuci mata".

Aku terusin ya belajarnya... ini teori hehe gak langsung ke SEO why, how, what, whennnya... jadi ceritanya ini sudut pandangku. Lanjut...!

Pada tahun 1980an, marketing (ini lah alasannya mengapa SEO itu penting! yaitu untuk memarketkan kalian) mulai memandang pelanggan loyal sebagai hal lebih utama dibanding pelanggan baru. Alasannya karena lebih menguntungkan dan bisnis jadi awet. Aku tau ini dari buku ini : Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It, New and Revised Edition. Pelanggan loyal adalah pelanggan yang balik lagi ke produk (atau konten kalian atau youtube channel kalian) karena mereka puas atau dengan berbagai macam alasan. Nah begitulah yang terjadi sekarang. Makanya kalian mengenal follow, subscribe, dst... Jadi kalian jatuh cinta sama konten atau apalah yang ada di suatu produk tersebut sehingga kalian mau mengunjunginya lagi. Misalnya website kalian isinya seputar "pembahasan gosip paling top anti hoax", jadi isinya tentang pembahasan isu-isu terbaru seputar artis/aktor yang kredibel anti hoax, maka ekspektasi pelanggan kalian adalah informasi seputar itu yang terbaru sesuai dengan konten yang kalian tawarkan. Nah dari pelanggan yang loyal itu mereka bisa menyebarkan atau by system dijadiin acuan. Maksudnya, kalian pernah gak sh baca iklan gini "Teman anda menyukai ini... mungkin kalian suka ini...", nah semacam MLM, apa yang kita lakukan berimbas ke jaringan yang kita miliki. Jadi tetap cara untuk mendapatkan pelanggan yang banyak sekaligus loyal adalah dengan dengan mengelola konten dan mekanisme penyajian konten yang membuat pelanggan kalian suka, nyaman, dan memudahkan. 

Maksud paragraf atas mungkin gini: jadi percuma kalian trafficnya tinggi dengan SEO tapi gak ada pelanggan loyal. Mungkin sih silahkan sanggah. Bicara soal kemudahan (misalnya share, ada di mobile, mudah akses konten, mencari yang sejenis effortless (sistem yg nyariin)) itu sudah ada semua di platfom2 tertentu sebut saja medium.com, facebook.com, twitter.com, quora.com dan aplikasi masing-masing di android maupun iphone. Yang paling aku rasain itu sudah susah bagi blog dengan .com, blogspot... dst untuk meyakinkan pembacanya ngebookmark halaman webnya, atau akses langsung dari web untuk mencari konten terbaru kita. Mending pembaca tuh liat dari social media kita baru kalau menarik bisa baca selengkapnya di website, begitu mungkin ya.

Oi! Tapi website blog gitu penting semacam CV gitu!

Iya emang, pada tahun-tahun ini, 2016...2018... website pada umumnya, dengan tujuan seperti yang lu bilang di atas, CV, bentuknya adalah static web, seperti homepagenya raisa, anggun, artis-artis lain, jadi semacam profile dalam bentuk halaman web yang statis yang isinya informasi umum tentang sesuatu (misal elu, artis, produk, jasa, perusahaan dst). Sama yang seperti gue buat di ogiyak.github.io wkwk apa sih ini sampah! Astaga kasar dosa gk baik! Jadi bukan dinamik atau paralel website seperti blog atau semacamnya.

Saran Gue!

Udah capek sh sebenarnya jadi ditutup aja. Biasanya sh kalo vlogger bilang "Oke sekian vlog aku hari ini, kalo ada yang kalian mau tanyakan silahkan komen dibawah ini. Jangan lupa ya subscribe dst" wkwk. Saran gue kalian mikir konten dulu, masalah SEO atau marketingnya lewat media sosial. Untuk medium penyampainnya gak usah cantikbanget.com dulu, pake aja medium.com. Kalo kalian profesional dan kepentingan bisnis kalian bisa buat cantikbanget.com atau bahkan kontensendiri.com. 

Gitu sih kayaknya, capek btw. Fast konten aja berbagi sudut pandang. T-y-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sport task: SQUASH

“Squash adalah salah satu cabang olahraga yang tergolong baru di Indonesia. Itu sebabnya masih banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang Squash.” Sumber: andihasanudin weblog (wordpress) ; oleh Andihasanudin pada April 17, 2008. Sejarah Squash  Squash sebenarnya telah ada pada abad ke-19, di daerah Fleet Prison London. Seorang murid sekolah di daerah itu mengadopsi permainan tenis dengan melakukan gerakan memantul-mantulkankan bola ke dinding. Awalnya gerakan tersebut merupakan warming up atau pemanasan sebelum bermain tenis lapangan. Belakangan, gerakan tersebut dikembangkan di sebuah sekolah di Inggris yang bernama Horrow pada tahun 1820. Meski terlahir dan besar di Inggris, namun justru Amerika Serikatlah yang pertama kali mendirikan asosiasi squash pada tahun 1907 dengan nama United States Squash Racquets Association. Padahal, di negeri asalnya Inggris squash pada awalnya merupakan cabang dari tenis lapangan. Squash baru berdiri sendiri di Inggris pada tahun 1928 dengan

You should find the mouse!

Hari ini ada kucing yang biasanya datang. Tapi beda, dia berani masuk rumah dan orang dirumah udah gak galak lagi ngusir malahan dikasiin makan hha, Kucing yang udah tua ini sering datang lewat pintu belakang rumah pagi hari. Ibuku pernah cerita kalo anaknya juga pernah datang, bagus banget katanya. Tapi ane sendiri belum pernah liat kayak apa. Oh kucing haha fyi: cat=neko=kucing,

Cousin's Cats

[lucky Update 1] Elegant & Love it!