Langsung ke konten utama

MONITOR


“Salah satu parameter kita dalam hal kenyamanan berkomputer, selain kecepatan, adalah tampilan layar yang disebut monitor”

Ada dua hal yang menjadi perhatian dalam monitor. Yaitu jenis lama; CRT (monitor bentuk kotak gemuk) dan jenis baru; LCD (tipis) . Logisnya, yang jenis baru mestinya lebih apik! 

Apa yang membuat LCD lebih apik daripada CRT?

1. Berhubung bentuk CRT gemuk (besar), ruang yang dibutuhakan pun cukup luas. Semakin modern semakin ringkes! Jadi, untuk penghematan tempat, LCD sudah tentu unggul.

2. LCD lebih hemat listrik. Dengan ukuran yang sama (inchi yang sama), LCD menghemat listrik kuranglebih 50% dari daya monitor CRT. Misalnya, sebuah monitor CRT 19 inchi membutuhkan daya 110 watt. Monitor LCD hanya butuh sekitar 45 watt saja. 50%  hemat listrik + hemat uang perbulan.

3. Radiasi LCD lebih rendah ketimbang jenis CRT. Panas yang ditimbulkan LCD juga minim. Tidak seperti CRT yang haus Panas.

4. LCD Lebih nyaman dilihat. Tidak ada flicker (kedap-kedip), pantulan cahaya, dan masalah lain yang kadang mengganggu pemandangan kita.

Hanya satu kelemahan monitor LCD! Harganya. Monitor CRT  17 inchi dapat kita peroleh dengan pengorbanan uang kisaran Rp 800rb. Pada ukuran yang sama, LCD berharga sekitar Rp 1,2juta. Tetapi kualitas yang ditawarkan adalah sebanding.  Jadi, harganya menjadi cukup beralasan. 

… 2007, 2008, 2009… dan sampai 5 atau 7 tahun kedepan, LCD masih akan tetap menjadi ideal. Dan perhatian akan CRT lambat laun akan hilang. Yang tidak lagi lebih efisien, praktis, hemat, nyaman, hingga tidak menjadi ideal lagi. Bahkan, monitor jenis CRT sudah tidak dipakai lagi di banyak negara maju.  

Diambil dari tabloid PC plus dengan tambahan seperlunya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sport task: SQUASH

“Squash adalah salah satu cabang olahraga yang tergolong baru di Indonesia. Itu sebabnya masih banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang Squash.” Sumber: andihasanudin weblog (wordpress) ; oleh Andihasanudin pada April 17, 2008. Sejarah Squash  Squash sebenarnya telah ada pada abad ke-19, di daerah Fleet Prison London. Seorang murid sekolah di daerah itu mengadopsi permainan tenis dengan melakukan gerakan memantul-mantulkankan bola ke dinding. Awalnya gerakan tersebut merupakan warming up atau pemanasan sebelum bermain tenis lapangan. Belakangan, gerakan tersebut dikembangkan di sebuah sekolah di Inggris yang bernama Horrow pada tahun 1820. Meski terlahir dan besar di Inggris, namun justru Amerika Serikatlah yang pertama kali mendirikan asosiasi squash pada tahun 1907 dengan nama United States Squash Racquets Association. Padahal, di negeri asalnya Inggris squash pada awalnya merupakan cabang dari tenis lapangan. Squash baru berdiri sendiri di Inggris pada tahun 1928 dengan

Cousin's Cats

[lucky Update 1] Elegant & Love it!

UAS Operating System

Seperti yang mahasiswa ketahui bahwa belajar adalah salah satu usaha untuk menghadapi UAS selain makan makanan sehat dan tidur yang cukup. Ini malam pertama saya dengan OS. Karena bosan, terpaksa keadaan ini saya abadikan. Semoga ada manfaatnya!  amin,