Langsung ke konten utama

Tips Memaksimalkan Memory Pada Lenovo A516

Lenovo A516 adalah seri SmartPhone dengan dukungan teknologi baru namun dengan harga yang terjangkau (mid-level price). Dengan Rp. 1.500.000,00 Lenovo A516 dapat anda miliki. Dibandingkan dengan merk lain seperti Samsung galaxy, Nokia Lumia (520), dll dengan harga yang sama anda tidak akan mendapatkan spesifikasi hardware yang lebih baik dari A516 (spesifikasi secara umum). Dengan layar 4.5 inc touch IPS, sebenarnya akan jauh lebih nyaman jika Lenovo A516 dibekali dengan 1 GB RAM. Faktanya pada harga pasar smart phone dengan 1 GB RAM dihargai rata-rata 2-jutaan. Lenovo SmartPhone adalah perusahaan asal China yang kabarnya akan membeli Motorola dari Google.


Dengan kapasitas 512 MB, yang sebenarnya hanya sekitar 490-an MB, Lenovo A516 terasa lambat dan aplikasi sering tertutup otomatis. Bagaimana tidak! Hanya sekitar 70 MB memori tersisa untuk aplikasi tambahan. Bahkan untuk client Facebook saja kadang-kadang tidak kuat.

Berikut tips yang saya rangkum dari berbagai sumber (kaskus, gsmarena, and "try&error"). Semoga membantu.


1. System Update
Pilih Setting > All Settings > About Phone (paling bawah layar).

Gambar hanya ilustrasi. mungkin berbeda.

Pilih System update. Lakukan update, pastikan koneksi lancar dan batere mencukupi. Tips ini akan memberikan jumlahan memory yang banyak (setelah di-restart). Namun pada akhirnya, seminggu atau kurang, kondisi memory akan kembali seperti sediakala (kisaran 50 MB).

2. Ganti Launcher
Ini berdasarkan pengalaman dan memang benar. 
Ganti launcher bawaan (Lenovo launcher) dengan Nova Launcher atau semacamnya. 



Anda bisa mengunduh Nova Launcher di Google Play. Awalnya anda akan kesulitan karena belum terbiasa saja dengan pengaturan Nova. Nova launcher sangat simple dan elegan. Anda bisa ber-eksperimen dengan Launcher lainnya.

3. Gunakan Auto Memory Manager
Auto Memory Manager dengan otomatis memonitor dan memaksimalkan memory/RAM. Anda dapat mengunduhnya di Google Play. 



4. Gunakan Clean Master
Sama dengan apps diatas hanya saja Clean Master bersifat manual. User Interfacenya juga bagus. Namun jika anda merasa sudah cukup dengan Auto Memory Manager, aplikasi ini adalah pilihan/optional (karena toh apps ini menggunakan memory anda sekitar 11 MB).



Selamat mencoba ~og

Komentar

Posting Komentar

"Good man doing good things."

Postingan populer dari blog ini

Sport task: SQUASH

“Squash adalah salah satu cabang olahraga yang tergolong baru di Indonesia. Itu sebabnya masih banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang Squash.” Sumber: andihasanudin weblog (wordpress) ; oleh Andihasanudin pada April 17, 2008. Sejarah Squash  Squash sebenarnya telah ada pada abad ke-19, di daerah Fleet Prison London. Seorang murid sekolah di daerah itu mengadopsi permainan tenis dengan melakukan gerakan memantul-mantulkankan bola ke dinding. Awalnya gerakan tersebut merupakan warming up atau pemanasan sebelum bermain tenis lapangan. Belakangan, gerakan tersebut dikembangkan di sebuah sekolah di Inggris yang bernama Horrow pada tahun 1820. Meski terlahir dan besar di Inggris, namun justru Amerika Serikatlah yang pertama kali mendirikan asosiasi squash pada tahun 1907 dengan nama United States Squash Racquets Association. Padahal, di negeri asalnya Inggris squash pada awalnya merupakan cabang dari tenis lapangan. Squash baru berdiri sendiri di Inggris pada tahun 1928 dengan

Cousin's Cats

[lucky Update 1] Elegant & Love it!

UAS Operating System

Seperti yang mahasiswa ketahui bahwa belajar adalah salah satu usaha untuk menghadapi UAS selain makan makanan sehat dan tidur yang cukup. Ini malam pertama saya dengan OS. Karena bosan, terpaksa keadaan ini saya abadikan. Semoga ada manfaatnya!  amin,