Langsung ke konten utama

Berbagi survei penelitian UI/UX (Ambigu)

Banyak hal untuk diceritakan di bulan-bulan yang terlewatkan begitu saja. Pengen banget nulis seperti dulu. Sore corat-coret di buku. Besoknya, pagi-pagi banget ke warnet Djavu deket rumah (sekarang sudah tutup diganti Jogcik, diganti lagi warung makan Chinese), ngetik semua tulisan kemarin dengan penuh antusias. Sibuk gi? Nggk juga, tapi harus! Yap, harus sibuk dengan skripsi biar cepat lulus haha tapi jujur, otak susah diajak kerjasama. Entah apa penyebabnya. Mungkin harus banyak kegiatan positif, ya seperti ngeblog. Baru ngetik separagraf efeknya udah berasa sih :D.

Mungkin gaya bahasa sedikit berubah. Mungkin kepribadian sedikit berubah. Mungkin kecerdasan sedikit menurun. Beginilah hidup bro! (haha, pake bro segala) kadang di bawah kadang di atas, nikmatnya di situ bro! (18+) Hmmm, niat post ini sebenarnya buat ngeshare survei tapi entah intronya malah kayak gini. Biarin lah ya suka-suka lah ya. Gapapa! GAPAPA!!! haha, maafkan.

Oh iya, penelitian yang saya lakukan dalam rangka tugas akhir ilmu komputer atau computer science yang secara bahasa artinya ilmu yang harusnya lebih matematika (computer->compute->menghitung) dan teoritis (science) -- oke cukup ngelanturnya -- berkisah tentang User Interface (antar muka, yang kalian liatin saat ini) dan Usability (kebergunaan). (btw ada orang lagi jogging, taat banget dari tadi ane liatin belum berhenti juga. Passion kali ya, padahal slow run sih).

User interface atau UI adalah objek yang digunakan user untuk berinteraksi dengan alat misalnya komputer. Dalam ruang lingkup bisnis, atau katakanlah perusahaan semacam Google atau Gojek, UI dapat dipandang sebagai bahasan design yang penting dalam memaksimalkan kebergunaan atau usability dari product mereka. Usability mencakup 3 hal utama: effectiveness, efficiency dan satisfaction. Saya fokus mengambil UI design di layanan website e-commerce (lazada, bukalapak, tokopedia, dll) karena alasan popularitas. Dalam rangka hal tersebutlah maka saya harus mengetahui UI yang baik. Seperti apakah UI yang baik? Dalam kenyataannya dan ruang lingkup bisnis, UI yang baik adalah UI yang berdasarkan user atau pengguna. Dalam rangka hal ini juga saya harus mengadakan survei. Survei ini tidak sembarangan, ya bisa dibilang seperti itu. Saya menggunakan SUS sebagai tolak ukur dan beberapa literatur untuk membangun pertanyaan. Literatur kebanyakan dari hasil googling dan e-book.

Berikut kutipan shareable-text bujukan survei saya:

Hi! Saya Ogi Yak, mahasiswa Ilmu Komputer UGM.

Pernah mengunjungi website online-shop? Berdasarkan yStats.com (2015), Indonesia diprediksi memiliki lebih dari 1/3 seluruh penjualan online-shop di Asia Tenggara. Melihat perkembangannya saat ini, menarik bagi saya utk meneliti kebergunaan (usability) website online-shop di Indonesia dalam rangka meningkatkan pengalaman berbelanja online. Dimohon kesediaan teman-teman untuk mengisi survei kami di https://goo.gl/BnHcCk.

Terima Kasih :)

Silahkan diisi dan dishare :D Syaratnya cukup 1: kalian peduli haha. Pernah berkunjung ke website online-shop merupakan nilai tambah. Add CV kalian, halah apaan :D

Ahhh, I will write again and again. See ya! ~Og

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sport task: SQUASH

“Squash adalah salah satu cabang olahraga yang tergolong baru di Indonesia. Itu sebabnya masih banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang Squash.” Sumber: andihasanudin weblog (wordpress) ; oleh Andihasanudin pada April 17, 2008. Sejarah Squash  Squash sebenarnya telah ada pada abad ke-19, di daerah Fleet Prison London. Seorang murid sekolah di daerah itu mengadopsi permainan tenis dengan melakukan gerakan memantul-mantulkankan bola ke dinding. Awalnya gerakan tersebut merupakan warming up atau pemanasan sebelum bermain tenis lapangan. Belakangan, gerakan tersebut dikembangkan di sebuah sekolah di Inggris yang bernama Horrow pada tahun 1820. Meski terlahir dan besar di Inggris, namun justru Amerika Serikatlah yang pertama kali mendirikan asosiasi squash pada tahun 1907 dengan nama United States Squash Racquets Association. Padahal, di negeri asalnya Inggris squash pada awalnya merupakan cabang dari tenis lapangan. Squash baru berdiri sendiri di Inggris pada tahun 1928 dengan

You should find the mouse!

Hari ini ada kucing yang biasanya datang. Tapi beda, dia berani masuk rumah dan orang dirumah udah gak galak lagi ngusir malahan dikasiin makan hha, Kucing yang udah tua ini sering datang lewat pintu belakang rumah pagi hari. Ibuku pernah cerita kalo anaknya juga pernah datang, bagus banget katanya. Tapi ane sendiri belum pernah liat kayak apa. Oh kucing haha fyi: cat=neko=kucing,