Langsung ke konten utama

Tips Blogger ::: Error pada entri baru

Sesuai dengan tema kali ini, saya akan memberikan tips mengenai blogger dan hal-hal yang berhubungan dengan blogging. Tulisan-tulisan ini akan saya buat berdasarkan pengalaman dan masalah yang pernah saya hadapi, toh sampai sekarangpun saya masih belajar Blogging.


Untuk mengawali, saya ambil saja dari kasus seorang sahabat, masalahnya adalah: Postingan baru tidak dapat di publikasikan. Mengapa? 


SOLUSI: ada memang yang membuat entri baru blognya dengan cara copy-paste teks dari microsoft office word (dsb). Kejadian error ketika hendak diterbitkan bukanlah kepastian, tetapi untung-untungan. Begini! Mungkin teks dalam file microsoft office word yang anda buat berformat terlalu kompleks dan rumit, sehingga mengganggu converting format teks ke html. Berarti sebaiknya teks dalam microsoft office word tersebut hendaknya di-format sederhana dengan menghilangkan fasilitas-fasilitas seperti: penomoran, spasi, karakter font, paragraf, kolom dsb.


Tips nya bisa anda lakukan menggunakan notepad pada accessories windows. Langkah-langkah:
  1. copy teks dari file microsoft office word tersebut.
  2. paste ke dalam notepad.
  3. seleksi teks yang akan diposting ke blog, tekan kombinasi ctrl + a untuk menyeleksi seluruh teks.
  4. copy teks tersebut.
  5. paste pada halaman baru anda (posting > new entri).
  6. terbitkan halaman (publish post).
Sudah mencoba? kalau ada masalah hub. saya.


Mungkin anda akan bertanya begini, Mengapa teks harus dialihkan ke notepad dulu? itu karena notepad tidak mendukung format-format semacam bullets and numbering, font yang aneh-aneh, spasi yang berbeda-beda, dan lain-lain yang ada dalam pengaturan microsoft office word. Jadi, tujuan dari pengalihan itu adalah untuk membersihkan format pada teks. Jika ingin mengaturnya kembali, anda dapat memanfaatkan toolbar pengeditan Entri pada blogger.

Lalu bagaimana caranya menyisipkan gambar pada postingan jika gambar tersebut berada dalam file microsoft word?


solusinya: anda bisa mencari file gambar tersebut di internet, namun jika memang anda menginginkan gambar dalam file microsoft word tersebut, anda akan hanya membutuhkan tombol PrintScreenSysRq pada keyboard plus Adobe Photoshop atau aplikasi sejenis.


Ini adalah akal-akalan semata, bagi anda yang tahu fungsi Printscreesysrq dan pernah menyimpan file gambar dengan adobe photoshop tentu tahu tips ini. Anda tidak tahu-kah? Izinkan saya memperbolehkan Anda untuk mengingat dengan ikatan emosional anda (mencoba sendiri)! Hanya dengan dua kata kunci, Printscreen + adobe photoshop.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sport task: SQUASH

“Squash adalah salah satu cabang olahraga yang tergolong baru di Indonesia. Itu sebabnya masih banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang Squash.” Sumber: andihasanudin weblog (wordpress) ; oleh Andihasanudin pada April 17, 2008. Sejarah Squash  Squash sebenarnya telah ada pada abad ke-19, di daerah Fleet Prison London. Seorang murid sekolah di daerah itu mengadopsi permainan tenis dengan melakukan gerakan memantul-mantulkankan bola ke dinding. Awalnya gerakan tersebut merupakan warming up atau pemanasan sebelum bermain tenis lapangan. Belakangan, gerakan tersebut dikembangkan di sebuah sekolah di Inggris yang bernama Horrow pada tahun 1820. Meski terlahir dan besar di Inggris, namun justru Amerika Serikatlah yang pertama kali mendirikan asosiasi squash pada tahun 1907 dengan nama United States Squash Racquets Association. Padahal, di negeri asalnya Inggris squash pada awalnya merupakan cabang dari tenis lapangan. Squash baru berdiri sendiri di Inggris pada tahun 1928 dengan

Cousin's Cats

[lucky Update 1] Elegant & Love it!

UAS Operating System

Seperti yang mahasiswa ketahui bahwa belajar adalah salah satu usaha untuk menghadapi UAS selain makan makanan sehat dan tidur yang cukup. Ini malam pertama saya dengan OS. Karena bosan, terpaksa keadaan ini saya abadikan. Semoga ada manfaatnya!  amin,